post

Anda pasti tahu jikalau para atlet olahraga profesional dapat menghasilkan jumlah uang yang sangat banyak, tetapi apakah anda tahu siapa sajakah atlet olahraga tersebut? Jika kita tidak tahu, ada Forbes yang akan memberitahu anda atau anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel dari saya kali ini.

Beberapa atlet olahraga yang nantinya akan saya sebutkan dibawah ini memiliki “sesuatu” yang lebih berharga dari anda, tentu saja perihal finansial. Tentunya saya rasa anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama-nama para atlet profesional ini. Ya, mereka adalah para atlet yang namanya sudah mendunia bahkan pendapatan mereka bisa dikatakan ‘tidak habis 7 turunan’. Angka-angka yang nanti saya tuliskan adalah mencakup semua gaji, hadiah, bonus dan dukungan sponsor mereka.

Dan inilah 7 atlet olahraga profesional dengan bayaran tertinggi di dunia tahun 2015, diantaranya adalah :

• 1. Floyd Mayweather Jr

– Cabang Olahraga : Tinju
– Total Penghasilan : US$ 300 juta
– Gaji Pertahun : US$ 285 juta
– Bonus Sponsor Pertahun : US$ 15 juta

Floyd Mayweather Jr mungkin adalah orang yang kurang populer di luar negaranya, Amerika namun pada tahun 2015 ini, ia adalah atlet olahraga profesional dengan bayaran tertinggi di dunia. Apakah anda melihat cek senilai US$ 100 juta yang diterimanya saat memenangkan pertandingan saat melawan Pacquiao? Tentu saja itu adalah benar.

Forbes mencatatkan jikalau Floyd merupakan salah satu atlet olahraga terkaya di dunia. Dan sejak mendapat kemenangannya saat melawan Marcus Maidana pada September 2014 silam, ia mendapatkan gaji senilai US$ 285 juta pertahunnya.

• 2. Manny Pacquiao

– Cabang Olahraga : Tinju
– Total Penghasilan : US$ 160 juta
– Gaji Pertahun : US$ 148 juta
– Bonus Sponsor Pertahun : US$ 12 juta

Menurut Forbes, Manny Pacquiao menerima bonus sponsor senilai US$ 12 juta tahun lalu dan beberapa perusahaan terkenal seperti Nike, Foot Locker, Wonderful Pistachio, Nestle Butterfinger adalah penggemarnya. Pria kelahiran Filipina ini membawa pulang uang senilai US$ 23 juta dari perjuangannya melawan Chris Algieri pada bulan November 2014. Dan Pacman, menerima bayaran senilai US$ 125 juta dari pertarungan besarnya melawan Floyd Mayweather Jr pada tanggal 2 Mei 2015. Ia menjadi tokoh terkaya di negaranya, Filipina dan menggunakan sebagian hartanya untuk membantu rakyat yang kurang mampu di Filipina.

• 3. Cristiano Ronaldo

– Cabang Olahraga : Sepakbola
– Total Penghasilan : US$ 79,6 juta
– Gaji Pertahun : US$ 52,6 juta
– Bonus Sponsor Pertahun : US$ 27 juta

Seakan-akan tidak mau kalah dengan rival abadinya dari Barcelona, striker Real Madrid yaitu Cristiano Ronaldo berhasil menjadi pesepakbola dengan bayaran tertinggi tahun 2014 silam dengan angka yang mencapai US$ 79,6 juta pertahunnya. Dia selalu menunjukkan peforma yang sangat baik kala berada diatas lapangan sehingga membuat Los Blancos berani mematok gajinya senilai US$ 52,6 juta.

 border=

Berbeda dengan Messi, Nike lebih menggemari sosok Ronaldo. Dengan seluruh kekayaan yang dimilikinya saat ini, Cristiano Ronaldo menjadi atlet sepakbola terpopuler di dunia dengan jumlah pengikut Twitternya mencapai 36,1 juta orang dan pengikut Facebook-nya sebanyak 102 juta orang.

• 4. Lionel Messi

– Cabang Olahraga : Sepakbola
– Total Penghasilan : US$ 73,8 juta
– Gaji Pertahun : US$ 51,8 juta
– Bonus Sponsor Pertahun : US$ 22 juta

Striker terbaik Barcelona, Lionel Messi berhasil menggunakan asetnya yang paling berharga yaitu kaki kirinya untuk menghasilkan pendapatan senilai US$ 73,8 juta tahun ini. Dia adalah sosok penting bagi tim Catalans sehingga banyak sponsor terkenal yang tertarik untuk menggaet Messi.

 border=

Barca mematok gaji Messi senilai US$ 51,8 juta pertahunnya. Dan harga yang dibayar oleh Barca sesuai dengan kemampuan Messi, buktinya puluhan gelar bergengsi telah ia sumbangkan ke klub kesayangannya tersebut. Adidas dan Samsung adalah sponsor penggemar Lionel Messi.

• 5. Roger Federer

– Cabang Olahraga : Tenis
– Total Penghasilan : US$ 67 juta
– Gaji Pertahun : US$ 9 juta
– Bonus Sponsor Pertahun : US$ 58 juta

Roger Federer adalah petenis pria terbaik nomor 2 di dunia. Karena Federer disebut ‘terbaik’ , pastinya ia menerima bayaran tertinggi jua. Gajinya mungkin terlihat tidak besar, itu dikarenakan dirinya mulai menjadi atlet terkenal saat berusia 33 tahun, namun ia berhasil membuktikan dirinya dengan menjadi yang terbaik.

Selama karirnya bertenis, Federer telah memenangkan sebanyak 17 kali ajang Grand Slam yang membuat sejumlah perusahaan terkenal tertarik untuk bekerjasama dengannya. Nike, Rolex, Credit Suisse dan Mercedez Benz adalah perusahaan yang telah meminangnya. Total pendapatan seluruh sponsornya bernilai US$ 58 juta pertahun dan kabarnya, Federer mampu menghasilkan pendapatan hingga US$ 67 juta tahun 2014 silam.

• 6. LeBron James

– Cabang Olahraga : Bola Basket
– Total Penghasilan : US$ 64,8 juta
– Gaji Pertahun : US$ 20,8 juta
– Bonus Sponsor Pertahun : US$ 44 juta

LeBron James boleh saja tidak berada di posisi nomor 1 dalam daftar ini, tetapi total penghasilannya di tahun 2015 yang mencapai nominal US$ 64,8 juta sudah cukup menjadikannya sebagai King of the National Basketball Association. Setahun, James mendapatkan gaji senilai US$ 20,8 juta dari Cleveland Cavaliers. Saat di musim pertamanya, ‘King’ sudah membuka jalan bagi timnya ke ajang final NBA.

Di luar lapangan, James menerima pembayaran sponsor senilai US$ 44 juta. James bekerjasama dengan beberapa perusahaan terkenal seperti Nike, KIA, McDonald, Coca-Cola, Samsung, dan Beats by Dre. Daftar perusahaan ini kemungkinan akan bertambah seiring berjalannya waktu, tapi saya yakin anda sudah mendapatkan beberapa inti. Dengan jumlah pendapatan yang fantastis itu, tak heran jika James dijuluki ‘King’ oleh para fansnya.

• 7. Kevin Durant

– Cabang Olahraga : Bola Basket
– Total Penghasilan : US$ 54,1 juta
– Gaji Pertahun : US$ 19,1 juta
– Bonus Sponsor Pertahun : US$ 35 juta

Musim 2014/15 merupakan musim yang mengecewakan bagi dirinya, karena Durant hanya tampil di 27 pertandingan akibat cedera kaki yang dideritanya. Walaupun begitu, rekening Durant tidak pernah surut. KD memperoleh sekitar US$ 19,1 juta dari tim Oklahoma City Thunder setahun, tapi kita semua tahu jikalau bonus sponsor yang diterimanya jauh lebih besar ketimbang gajinya. Durant menandatangani kontrak dengan raksasa Nike selama 10 tahun senilai US$ 300 juta.

Sejak menjalin kerjasama dengan Nike, Forbes mencatat bahwa Durant memiliki salah satu penawaran sponsor terbesar di dunia ditambah lagi beberapa perusahaan merek terkenal lainnya seperti BBVA, Sprint, Sonic, Panini, 2K Sports dan Skullcandy. Jadi, tidak heran jikalau total pendapatan KD di tahun 2015 adalah senilai US$ 54,1 juta.